LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Bimbingan Teknis Internalisasi Merdeka Belajar Ke Dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV

Dalam rangka Akselerasi Implementasi Merdeka Belajar sesuai dengan Standar Nasional pendidikan tinggi, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Internalisasi Merdeka Belajar ke dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV.

Dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari secara luring di Hotel Crowne Plaza Bandung dan daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, pada tanggal 30-31 Mei 2022 pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Narasumber yang diundang pada kegiatan ini diantaranya Prof. Dr. Dinn Wahyudin,MA – UPI dengan materi ‘Sinkronisasi Merdeka Belajar dalam SNDIKTI, IKU dan PDDIKTI’, Dr. Sri Suning Kusumawardani, M.T. dengan materi ‘Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Strategi Implementasi MBKM’, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. dengan materi ‘Kebijakan Merdeka Belajar dalam upaya Peningkatan Mutu Pendidikan’, Abdul Naser Rafi’i A. S.Si. dengan materi ‘Teknis Pelaporan Merdeka Belajar dalam PDDIKTI’ dan Ir. Emma Muhari Hermawati, M.T. dengan materi ‘Implementasi Merdeka Belajar dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal’.

Samsuri menyampaikan bahwa “Berbagai program kementerian secepatnya akan disampaikan ke perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV karena penerima manfaat terbesar ada di perguruan tinggi. Kami ingin membantu proses internalisasi merdeka belajar ke dalam kurikulum secara cepat”.

Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc menambahkan, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan salah satu perangkat untuk mewujudkan transformasi Pendidikan nasional dalam hal ini khususnya tranformasi Pendidikan tinggi. Kita kembali pada hal fundamental yaitu amanat UU 12, di dalam undang-undang tersebut terdapat deskripsi mengenai tujuan Pendidikan tinggi nasional.”

Kegiatan ini mengundang 75 perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV secara luring dan sekitar 378 perguruan tinggi diundang secara daring.

Share:

More Posts

Undangan & Pengumuman

Monitoring PPKS

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggidi Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV Menindaklanjuti surat