LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Workshop Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV

Bandung – Senin, 18 Oktober 2021, bertempat di Hotel Harris Citylink Bandung, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan Kegiatan Workshop Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV. Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Ir. Dharnita Chandra, M.Si. hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya, Dharnita menyampaikan begitu pentingnya pengelolaan sarana dan prasarana di perguruan tinggi karena sarana dan prasarana sangat dibutuhkan untuk banyak kepentingan. “Didalam standar nasional pendidikan tinggi pun sudah jelas disebutkan jadi sudah sepantasnya perguruan tinggi sangat memperhatikan terkait dengan bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana di perguruan tinggi”. Sambut Dharnita.

Koordinator Sumber Daya Perguruan Tinggi, Drs. Wahyudin Tahedi, M.Si selaku ketua panitia menyampaikan laporan bahwa keberadaan sarana dan prasarana perguruan tinggi memegang peranan penting dalam mendukung kualitas proses pembelajaran. “Artinya dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dapat menciptakan suasana akademik yang kondusif terhadap proses pembelajaran, sehingga kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai akan berpengaruh besar terhadap kualitas mulai dari input, proses, output bahkan outcome daripada lulusan yang akan dihasilkan.” Ujar Wahyudin.

Pengelolaan dan pengembangan sarana dan prasarana perguruan tinggi tentu mengacu kepada rencana strategis yang telah ditetapkan sebelumnya, karena hal tersebut sangat sejalan dengan SPMI perguruan tinggi yang merupakan penjabaran dari standar pendidikan tinggi dan standar nasional pendidikan tinggi. “Diperlukan kesadaran serta komitmen seluruh pihak bagi penyelenggara maupun pengelola perguruan tinggi agar kualitas pendidikan tinggi kita lebih baik lagi” Sambung Wahyudin.

Narasumber yang diundang pada kegiatan kali ini adalah Dr. Anton F. Susanto, SH., M.Hum yang menyampaikan materi tentang standar nasional sarana dan prasarana yang relevan dan mutakhir untuk mendukung pembelajaran, penelitian, PKM dan dosen, Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si, menyampaikan materi tentang manajemen sarana dan prasarana Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan relevansi lulusan. Narasumber selanjutnya adalah Abinhot Sihotang, ST., MT., menerangkan tentang pengadaan, penyaluran, dan inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan serta Prof. Ir. Meilinda Nurbanasari, MT., Ph.D, menyampaikan materi perihal penjaminan mutu pengelolaan sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan akademik dan pembelajaran. Kegiatan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 18 s.d 19 Oktober 2021 ini mengundang 150 peserta yang terdiri dari 100 orang peserta secara daring melalui Zoom Meeting dan 50 peserta secara luring ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat dimana untuk peserta luring diwajibkan untuk melakukan tes swab antigen dengan hasil tes negatif untuk dapat mengikuti pelaksanaan kegiatan.

Share:

More Posts