LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Peningkatan Kompetensi Vokasi melalui Program Kampus Merdeka Vokasi

Bandung – Senin, 18 Oktober 2021, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Program Pendidikan Vokasi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV di Ballroom Hotel Harris Ciumbuleuit Bandung, Senin s.d. Selasa tanggal 18 s.d. 19 Oktober 2021.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini mengundang 80 peserta secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum memasuki tempat kegiatan, para peserta diwajibkan untuk melakukan tes swab antigen dengan hasil tes negatif di tempat pelaksanaan kegiatan untuk dapat mengikuti kegiatan.

Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Ir. Dharnita Chandra, M.Si. hadir secara virtual memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, Dharnita menyampaikan pendidikan vokasi saat ini lebih diprioritaskan oleh pemerintah karena lulusannya yang siap kerja. Oleh karena itu kompetensi vokasi harus lebih ditingkatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. “Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka edisi ke-11 yang sudah diluncurkan Kemdikbudristek bulan Mei lalu yaitu Kampus Merdeka Vokasi yang dimana itu untuk mewujudkan ekosistem pendidikan vokasi yang makin relevan dengan dunia kerja” sambut Dharnita.

Ada 2 fokus utama Kampus Merdeka Vokasi terkait pendanaan diantaranya adalah Competitive Fund Kampus Vokasi sebesar Rp. 90 M dan Matching Fund Kampus Vokasi sebesar Rp. 180 M. “Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi kompetensi lulusan sehingga lulusan lebih mudah terserap dunia kerja” sambungnya.

Narasumber yang diundang dalam kegiatan ini adalah Dr. Beny Bandanadjaja, ST., MT, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemdikbudristek yang hadir secara daring membahas mengenai Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam peningkatan Kompetensi Pendidikam Vokasi, Prof. Dr. Ir. Noor Cholis Basjaruddin, M.T membahas tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0, Ir. SP Mursid, M.Sc membahas tentang Peningkatan Kompetensi Pendidikan Vokasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pada hari ke 2, materi diisi oleh Dr. Wonny Achmad Ridwan, S.E., M.M membahas tentang Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) dan pelaksanaan Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL), dan Ir. Emma Muhari Hermawati, M.T membahas mengenai Kompetensi lulusan dalam SPMI.

Share:

More Posts