LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Bimtek Penyusunan Proposal Penelitian Dosen Pemula bagi Dosen PTS di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV

Bandung – Senin, 27 September 2021, Sebagai upaya memfasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi untuk peningkatan kinerja, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Dosen Pemula bagi Dosen PTS di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV di Ballroom Hotel Crowne Plaza Bandung, Senin s.d. Selasa tanggal 27 s.d. 28 September 2021. Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Ir. Dharnita Chandra, M.Si. hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya, Dharnita menyampaikan bahwa ada 2 hal yang menjadi fokus LLDIKTI Wilayah IV terlebih dahulu mengenai penelitian ini. “Pertama, bagaimana membuat perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV ini semuanya sudah memiliki klaster penelitian dan yang kedua adalah bagaimana kita meningkatkan penyusunan proposal agar semua yang diajukan dapat lolos”. Ujar Dharnita.

Sub Koordinator Akademik, Agus Supriatna, S.Sos., M.Si selaku ketua panitia menyampaikan laporan bahwa perguruan tinggi diwajibkan melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Setiap perguruan tinggi diharapkan dapat mengelola penelitian yang memenuhi standar telah dijelaskan dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Deputi Bidang Penguatan Risbang, penelitian dosen pemula merupakan salah satu skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi kluster binaan. “Skema ini diharapkan dapat menginisiasi penyusunan peta jalan penelitian bagi pengusul. Hasil dari penelitian skema ini berada dilevel tingkat kesiapterapan 1-3”. ujar Agus.

Kegiatan yang mengundang 80 peserta ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum memasuki tempat kegiatan, para peserta diwajibkan untuk melakukan tes swab antigen dengan hasil tes negatif di tempat pelaksanaan kegiatan.

Narasumber yang diundang dalam kegiatan ini adalah, Adhi Indra Hermanu, ST., MT membahas mengenai Kebijakan Pengusulan Proposal Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Prof. Rizky Abdulah, S.Si., Apt., Ph.D membahas tema Kesalahan Umum dalam Pengusulan Proposal Penelitian Dosen Pemula, Prof. Ir. Suminar Setiati Achmadi, Ph.D membahas tema Teknik Pemenangan dan Seleksi Proposal Penelitian Dosen Pemula, Dr. Palti Marulitua Sitorus membahas mengenai Klinik Bedah Proposal Penelitian Dosen Pemula dan Dr. Catharina Badra Nawangpalupi membahas tentang Pengusulan Proposal Penelitian Dosen Pemula di Simlitabmas Tahun 2021.

Share:

More Posts