“Dorong perguruan tinggi terapkan kebijakan Kampus Merdeka, LLDIKTI gelar Sosialisasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)”

Bandung – Senin, 1 Februari 2021, Dalam upaya mendorong perguruan tinggi di wilayah kerjanya untuk menginplementasikan kebijakan Kampus Merdeka, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2021 yang mengundang seluruh wakil pimpinan bidang akademik Perguruan Tinggi Swasta, melalui media daring Zoom Meeting.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd hadir membuka acara secara resmi serta memberikan arahan. Uman menyampaikan indikator utama pencapaian kinerja kampus dalam kampus merdeka adalah kualitas lulusan, kualitas kurikulum dan pembelajaran serta kualitas dosen. “Jadi sekarang, indikator kinerja utama kampus itu dilihat dari 3 (tiga) aspek utama, kualitas lulusan berkaitan dengan daya serap dan prestasi nasional, kemudian kurikulum dan pembelajaran menyangkut kegiatan-kegiatan pembelajaran yang memiliki metode pemecahan masalah selain itu sudah seberapa banyak program studi melaksanakan kerjasama dengan perguruan tinggi yang lain atau dunia usaha dan dunia industri dan kerjasama peningkatan mutu akademik penelitian dan pengabdian yang ada di kampus serta dosen yang ada di kampus” sambutnya.

“Masyarakat belum paham tentang akreditasi, masyarakat belum paham tentang perangkingan, masyarakat akan lebih paham seberapa besar lulusan perguruan tinggi dapat menjadi individu yang sukses dan bermanfaat ditengah masyarakat” lanjut Uman.

Hadir menjadi narasumber, Prof. Dr. Dinn Wahyudin, MA. Dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dalam materinya, beliau menyampaikan tentang Perencanaan dan Implementasi Merdeka Belajar : Kampus Merdeka Tahun 2021 serta Penyusunan Proposal Program Kompetisi Kampus Merdeka.

Turut hadir menyampaikan sambutan Sekretaris LLDIKTI Wilayah IV, Ir. Dharnita Chandra, M.Si. Beliau menyampaikan harapannya bahwa proposal yang diajukan oleh perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV dapat lolos dan menerima hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Selain melalui aplikasi Zoom Meeting, sosialisasi ini juga dapat disaksikan secara langsung di kanal Youtube LLDIKTI Wilayah IV