Vokasi Penting untuk Hadapi Persaingan Global

Bandung – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Program Pendidikan Vokasi tanggal 14 Juli 2020. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting ini mengundang 180 perguruan tinggi swasta vokasi.

Hadir dan membuka acara secara resmi, Sekretaris LLDIKTI Wilayah IV, Ir. Dharnita Chandra, M.Si. Dalam sambutannya, Dharnita menyampaikan vokasi ini sudah diamanahkan dalam Nawacita bahwa sampai dengan tahun 2030 dalam rangka pemenuhan tenaga kerja terampil ini merupakan tantangan yang harus disiapkan dan direalisasikan oleh pendidikan tinggi vokasi.

“Vokasi ini sangat penting bagi kita dalam menghadapi tantangan persaingan global dan revolusi industri 4.0 dimana pendidikan vokasi itu harus menyelaraskan kompetensi dan kualifikasi lulusannya dengan kebutuhan dunia kerja” sambungnya.

Terkait dengan masalah kompetensi, LLDIKTI Wilayah IV sudah menyarankan kepada perguruan tinggi supaya dapat meningkatkannya dengan memberikan sertifikasi-sertifikasi peningkatan kompetensi untuk lulusannya agar nanti dapat digunakan untuk Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari ini menghadirkan beberapa narasumber yang mempunyai kapabilitas dalam bidang vokasi dan profesi diantaranya, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Benny Bandanajaya, S.T., M.T. dan Ir. Emma Hermawati M., M.T. dari Politeknik Negeri Bandung.

Bagikan Berita Ini
Hubungi Kami via Whatsapp whatsapp