“Optimalkan pelayanan, Kepala LLDIKTI Gelar Rakor dengan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi”

Bandung – Di tengah pandemic Covid-19 yang sedang melanda Indonesia, LLDIKTI Wilayah IV sebagai salah satu instansi pemerintah tetap harus menjalankan pelayanan publik kepada stakeholder. Sesuai dengan tugas dan fungsi LLDIKTI Wilayah IV yaitu melakukan fasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi, Kepala LLDIKTI Wilayah IV menggelar Rapat Koordinasi dengan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta, 29 s.d. 30 April 2020.

Plt. Ditjen Dikti Kemdikbud, Prof. Nizam, menjadi narasumber pada kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom ini. Nizam sangat mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi dalam menghadapi pandemic ini. Nizam juga mengingatkan bahwa kita semua harus terus menumbuhkan semangat positif, agar kita mampu bersama-sama menghadapi situasi saat ini.

Pada kesempatan ini Nizam juga menyampaikan berbagai kebijakan serta upaya yang telah dan akan dilakukan oleh Kemdikbud untuk mengatasi permasalahan yang terjadi sebagai dampak terjadinya wabah ini. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah saat ini juga cakupannya akan diperluas bagi mahasiswa yang terkena dampak dari virus corona, ujar Nizam.

Nizam juga menekankan bahwa perguruan tinggi harus dapat berkreasi tentang metode pembelajaran daring. “Saat ini kuliah dialihkan kepada conference menggunakan aplikasi zoom yang sangat menyedot kuota, sehingga mahasiswa banyak yang teriak-teriak, ini perlu diantisipasi bisa dengan menggunakan aplikasi lain yang dihasilkan oleh provider telepon atau dengan cara yang lain, ujar Nizam”.

Kegiatan yang dibagi menjadi 4 sesi ini, menghadirkan juga Kepala LLDIKTI Wilayah IV`, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. sebagai narasumber. Uman menyampaikan apresiasi kepada perguruan tinggi yang sudah ikut berpartisipasi pada penggalangan dana donasi untuk masyarakat yang terkena dampak dari pandemic covid-19, juga kepada perguruan tinggi yang sudah melaksanakan bakti sosial dan kegiatan-kegiatan lain terkait wabah ini, seperti pembuatan dan pembagian hand sanitizer, pembuatan dan penyemprotan disinfektan, pembagian APD dan lain-lain.

Uman membahas topik-topik penting yang perlu diketahui oleh Badan Penyelenggara perguruan tinggi seperti, pembelajaran daring, KIP Kuliah, akreditasi, sertifikasi dosen dan hibah perguruan tinggi baik itu penelitian maupun sarana prasarana. Uman juga berharap dengan dilaksanakannya video conference ini dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi di perguruan tinggi. Turut hadir Sekretaris LLDIKTI Wilayah IV, Ir. Dharnita Chandra, M.Si. beserta para Kepala Bagian dan Kepala Subbagian. Jadwal pelaksanaan video conference dibagi menjadi 4 sesi dan sesuai bentuk perguruan tinggi. Sesi pertama untuk universitas dan institut, sesi kedua untuk sekolah tinggi umum, sesi ketiga untuk sekolah tinggi kesehatan dan sesi keempat untuk akademi dan politeknik.

Bagikan Berita Ini