“Kepala LLDIKTI gelar Video Conference bersama Pimpinan PTS”

Bandung – Seiring dengan hadirnya Peraturan baru sebagai implikasi dari munculnya kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, LLDIKTI Wilayah IV menggelar Video Conference bersama Pimpinan PTS, Senin s.d. Rabu, 6 s.d. 8 April 2020. Melalui aplikasi Zoom, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. memberikan pemaparan mengenai 4 topik bahasan yaitu, Sistem Akreditasi, Masa belajar penyelenggaraan program pendidikan, Donasi Pandemik Covid 19 dan Layanan LLDIKTI Wilayah IV.

Sistem akreditasi dibahas sejalan dengan munculnya Permendikbud No 5 Tahun 2020 dan Perban-PT No 1 Tahun 2020 yang memang menyisakan banyak pertanyaan bagi pimpinan perguruan tinggi mengenai implementasinya. Dengan dilaksanakannya video conference ini diharapkan dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Di tengah kondisi Pandemik Covid 19 saat ini, tentu sangat berpengaruh terhadap penyelenggaraan program pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Menindaklanjuti surat Plt. Ditjen Dikti perihal Masa belajar penyelenggaraan program pendidikan, ada beberapa hal yang perlu dijelaskan kepada pimpinan PT selaku penyelenggara, terutama terkait pelaksanaan praktikum daan praktek lapangan mahasiswa, serta mengenai pembelajaran daring.

LLDIKTI Wilayah IV turut prihatin dengan kondisi saat ini sebagai akibat dari Pandemik Covid 19, untuk itu LLDIKTI Wilayah IV mengkoordinir pengumpulan Donasi Pandemik Covid 19 yang akan didistribusikan kepada pihak-pihak yang terkena dampak dari wabah ini, seperti tenaga medis, masyarakat, bahkan mahasiswa.

Topik bahasan terakhir mengenai Layanan LLDIKTI Wilayah IV selama kondisi menghadapi pandemik ini. Uman menekankan bahwa layanan LLDIKTI tetap dilaksanakan, hanya pelaksanaan layanan bersifat daring melalui surat elektronik atau whatsapp. Uman juga memastikan bahwa tidak ada layanan yang akan ditunda termasuk pengajuan jabatan akademik dosen.

Uman berharap dengan diselenggarakannya video conference ini, selain untuk tetap menjaga silaturahim, juga dapat menjadi ajang diskusi yang bermanfaat bagi para pimpinan PT. “Mungkin ke depan, pelaksaan video conference seperti ini perlu rutin dilaksanakan”, ujar Uman.

Turut hadir Sekretaris LLDIKTI Wilayah IV, Ir. Dharnita Chandra, M.Si. beserta para Kepala Bagian dan Kepala Subbagian. Jadwal pelaksanaan video conference dibagi menjadi 3 hari dan sesuai bentuk perguruan tinggi. Hari pertama untuk universitas dan institut, hari kedua untuk sekolah tinggi dan hari ketiga untuk akademi dan politeknik.

Hubungi Kami via Whatsapp whatsapp