“RAKOR 2019 : MEWUJUDKAN PENYELENGGARAAN PERGURUAN TINGGI YANG TERBUKA, FLEKSIBEL DAN BERMUTU”

Padalarang – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi LLDIKTI Wilayah IV dengan Pimpinan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Selasa 17 September 2019. Bertempat di Hotel Mason Pine Padalarang, kegiatan ini mengundang 401 Pimpinan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta. Rakor yang merupakan agenda rutin tahunan LLDIKTI Wilayah IV kali ini mengambil tema “Mewujudkan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi yang Terbuka, Fleksibel dan Bermutu”.

Kegiatan diawali dengan pembacaan lantunan Ayat Suci Al-Quran oleh Ustadz Nurjaman, M.Pd. dan Ananda Lutfi Latifah Rizki Mahasiswa Universitas Djuanda Bogor yang telah meraih prestasi Terbaik Kedua pada kompetisi Tingkat Nasional MTQ Tahun 2019 di Universitas Syiah Kuala Aceh, kemudian dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia kegiatan, Ir. Dharnita Chandra, M.Si. Dalam laporannya, Dharnita menyampaikan bahwa penyelenggara perguruan tinggi perlu mendukung penuh terciptanya peningkatan mutu pendidikan tinggi.

“LLDIKTI Wilayah IV yang salah satu tupoksinya adalah memfasilitasi PTS dalam peningkatan kualitas pendidikan perlu menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi untuk membahas dan menyiapkan langkah-langkah yang perlu dilakukan sehingga mampu menciptakan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi yang terbuka, fleksibel dan Bermutu”, ujar Dharnita.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara Rakor secara resmi. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan Badan penyelenggara dapat menentukan langkah bagaimana menciptakan perguruan tinggi yang memiliki identitas dan martabat agar tidak ada lagi dikotomi antara PTN dan PTS. Uman juga memberikan paparan mengenai bagaimana memelihara kualitas perguruan tinggi melalui pengawasan terhadap unsur lulusan, kesesuaian kurikulum, kondisi dosen, produktivitas dosen, prestasi mahasiswa, kesesuaian sarana dan kebijakan pengelolaan.

Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Johannes Gunawan yang memberikan materi mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Dr. (Hc). H. Darsono Ketua Yayasan Sasmita Jaya Universitas Pamulang yang berbagi pengalaman bagaimana menciptakan penyelenggaraan perguruan tinggi yang  Kegiatan diakhiri dengan penyampaian kesimpulan dan ditutup secara resmi oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV.


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

Bagikan Berita Ini