Hadiri Silaturahim Kerja ABBPTSI Banten, Kepala LLDIKTI Wilayah IV : Mutu kampus harus dibangun oleh seluruh unsur organisasi!

Serang – Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) merupakan sebuah organisasi yang memiliki maksud dan tujuan untuk menghimpun Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia dalam rangka mempersiapkan civitas akademika yang mampu berperan aktif dalam era globalisasi serta membangun dunia pendidikan tinggi di Indonesia, dalam rangka melaksanakan amanat Pasal 31 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sebagai upaya meningkatkan kinerja dalam rangka mewujudkan amanat Undang-undang tersebut, ABPPTSI Banten menyelenggarakan Silaturahim Kerja bersama LLDIKTI Wilayah IV, Jumat 13 September 2019. Kegiatan yang mengundang sekitar 104 Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Banten dilaksanakan di Kampus Universitas Faletehan Serang.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Rektor Universitas Faletehan Andiko Nugraha Kusuma, S.KM., M.KM sebagai tuan rumah menyampaikan sambutan pada kesempatan ini. Andiko menyampaikan sejarah perjuangan penggabungan dan perubahan bentuk dari STIKes Faletehan dengan ST-INTEN Bandung menjadi Universitas Faletehan. Andiko yang baru-baru ini dilantik menjadi Rektor menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam proses terbentuknya Universitas Faletehan. “Dalam upaya mewujudkan pendidikan yang bermutu kami akan selalu mengikuti arahan dari Kemenristekdikti, LLDIKTI juga ABPPTSI”, tegas Andiko.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Yayasan Faletehan Serang Banten, Drs. Memet Farajnuri, M.M. Memet menyampaikan terima kasih karena Universitas Faletehan telah dipercaya menjadi penyelenggara untuk kegiatan ini. Ketua ABBPTSI Banten, H. Mulya Rahayu Rachmatullah, Lc., M.Hum. juga hadir memberikan sambutan pada acara ini. Mulya yang juga merupakan Ketua Yayasan Pendidikan Informatika Kaloran Serang dari Universitas Serang Raya ini menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh ABPPTSI selama kurang lebih 2 tahun. Perguruan tinggi dikelola tujuannya bukan untuk profit oriented kita adalah organisasi nirlaba, namun diharapkan individu yang terlibat di dalamnya dapat memiliki kehidupan yang baik. “Oleh karena itu, harapan dilaksanakannya pertemuan ini adalah agar dapat memotivasi badan penyelenggara PTS di wilayah Banten untuk dapat meningkatkan kualitas PTS yang diselenggarakannya”, ujar Mulya.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. hadir memberikan arahan mengenai kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaraan PTS. Dalam paparannya Uman menyampaikan bahwa terjadi peningkatan jumlah PTS yang masuk ke dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi versi Kemenristekdikti. Upaya untuk mewujudkan hal tersebut tentu Pengelola dan penyelenggara harus berjalan satu arah juga demi tercapainya peningkatan kualitas PTS.

“Mutu sebuah kampus tidak hanya dibangun oleh pihak Yayasan dan Pimpinan struktural kampus, namun seluruh unsur yang ada di kampus harus mengetahui mengenai system penjaminan mutu”, ucap Uman.

Paparan yang disampaikan membahas juga terkait kriteria klasterisasi perguruan tinggi, poin penting yang harus diperhatikan oleh penyelenggara PTS dan juga pencapaian akreditasi program studi dan perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV.                             

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua APTISI Wilayah IV B Banten, Dr. Po Abas Sunarya. Acara diakhiri dengan foto Bersama dan ramah tamah dengan seluruh peserta.

Bagikan Berita Ini