“TANTANGAN TERBESAR DALAM MENJADI GURU BESAR ADALAH KESABARAN”

Bandung – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Dosen PNS dpk. di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV pada tanggal 5 Agustus 2019. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Gedung Kantor LLDIKTI Wilayah IV Bandung ini mengundang 180 dosen PNS dpk.

Hadir dan memberikan materi, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. Dalam paparannya, Uman menyampaikan bahwa dosen PNS dpk. kalah gesit dibandingkan dengan dosen tetap dari yayasan dalam hal kenaikan jabatan akademik. Dilihat dari jumlah Guru Besarnya, dosen PNS dpk. baru 41 orang Guru Besar, sedangkan dosen tetap dari yayasan sudah memiliki 45 orang Guru Besar bahkan semakin bertambah.

“Menjadi guru besar tidak cukup mengandalkan keilmuan saja, tetapi tantangan yang terbesar adalah kesabaran” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan kepada dosen PNS dpk. yang tidak memproses kenaikan jabatan akademik dalam jangka waktu yang cukup lama. Kegiatan pembinaan ini perlu dilakukan untuk memberikan pengetahuan serta kebijakan-kebijakan terkait proses kenaikan jabatan akademik kepada dosen PNS dpk. di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari ini menghadirkan beberapa narasumber yang mempunyai kapabilitas dalam bidang pembinaan karir dosen diantaranya, Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd., dan Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris LLDIKTI Wilayah IV, Ir. Dharnita Chandra, M.Si., dan Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah IV, Entin Hartini, S.Sos., M.Si.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar peserta dapat memahami kebijakan terkait pengembangan karir dosen, terutama tentang penilaian angka kredit serta persyaratan dalam kenaikan jabatan akademik dosen, sebagaimana tertuang dalam Permenpan RB No. 17 Tahun 2013 dan Pedoman Operasional Angka Kredit Dosen tahun 2014.

Bagikan Berita Ini